Prosedur Penggalian




tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang


Penentuan area jalur.


Koordinasi dengan tim electrician untuk melakukan pengecekan area penggalian dengan cable tracer untuk memastikan ada tidaknya kabel bawah tanah sebelumnya atau pipa air dan fuel di area penggalian. Berikan tanda/patok pada area yg terdeteksi adanya jalur Pipa Air, Pipa Minyak atau kabel Power terdahulu.


Lakukan penggalian dengan metode manual / alat berat sesuai dengan kondisi dilapangan.:

Standart Penanaman / instalasi :

  • Pipa Air : 50 Cm dari permukaan Tanah.

  • Pipa Minyak : 60 Cm dari permukaan Tanah.

  • Kabel Power : 70 Cm dari permukaan tanah.


Letakkan (Pipa Air, Pipa Minyak / kabel) di dalam pasir atau tanah halus, di atas galian tanah yang stabil, kuat, rata, dan bebas dari batuan-batuan dengan ketentuan tebal lapisan pasir atau tanah halus tersebut tidak kurang dari 5 cm di sekeliling kabel tanah tersebut.


  1. Bentangkan (Pipa Air, Pipa Minyak / kabel) yang akan ditanam sesuai jalur galian.

  2. Urug / tanam (Pipa Air, Pipa Minyak / kabel) setebal 10 cm dengan material pasir.

  3. Pasang pita demarkasi selebar 20 cm sebagai tanda ada (Pipa Air, Pipa Minyak / kabel) tertanam agar diketahui saat akan digali kemudian.


Tanda pita demarkasi :

  • Untuk Pipa Air : Putih Merah (safety line).

  • Untuk Pipa Minyak : Putih Merah (safety line).

  • Untuk Kabel Power : Kuning Hitam (Electric Line).an

Tutup kembali / urug bekas galian sampai rata dengan tanah permukaan.

Apabila jalur galian melewati atau berpotongan dengan jalur drainage / parit, jalur kabel wajib diberi penanda tambahan berupa palang balok atau pipa sepanjang perpotongan jalur tsb.

Pasang sign/rambu tanda bahwa ada (Pipa Air, Pipa Minyak / kabel) bawah tanah.


Jarak pemasangan rambu-rambu ;

  1. Lurus tidak ada halangan/dinding per-20 meter 1 rambu.

  2. Ada halangan sebelum dan sesudahnya dipasang rambu lurus.

  3. Setiap belokan di pasang rambu bentuk “L“.

  4. Setiap persimpangan di pasang rambu bentuk “T”.


Jika anda akan melakukan penggalian lakukan prosedur sebagai berikut:

  1. Pastikan anda menentukan area yang akan di gali.

  2. Pastikan anda membuat prosedur ijin penggalian dengan berkoordinasi tim elektrik.

  3. Pastikan tim elektrik telah melakukan penggujian area yang akan di gali dengan alat kabel detektor. Untuk kedalaman penanaman pipa air adalah 50cm dari permukaan tanah, untuk kedalaman pipa minyak 60 cm dari permukaan tanah. Khusus penanaman kedalaman kabel dengan prosedur minimal kedalaman 70 cm dari permukaan tanah, dengan tahapan penimbunan menggunakan material pasir sedalam 20cm kemudian diberi tanda isolator sepanjang jalur kabel. Kemudian baru ditimbun serata dengan permukaan tanah dan dipasang rambu kabel underground searah dengan aliran kabel.

  4. Pastikan tim elektrik telah mengisi form ijin penggalian dari hasil pengujian dan menandatanganinya.

  5. Pastikan pengawas area kerja telah mengetahui dan menandatanginya.

  6. Pastikan safety section telah mengetahui dan menyetujui form tersebut, sebelum kegiatan penggalian dilakukan.

  7. Lakukan proses penggalian sesuai dengan ijin yang di terbitkan.


Pengukuran Temperatur di Stock Pile

Pengukuran di stock pile / rom, pastikan “batubara” yang di injak aman, tidak menyebabkan terpeleset atau terjatuh. Serta berkoordinasi via radio dengan operator buldozer.


Jalur komunikasi 2 arah dan memastikan tidak ada aktivitas bulldozer saat melakukan pengukuran di area pengukuran, tidak melakukan pengukuran disaat kondisi cuaca buruk/hujan.


Kegiatan Sampling Preparasi dan Lab

Kegiatan sampling preparasi dan analisa lab, Jika bekerja mengambil sampling preparasi dan bekerja di lab, pastikan menggunakan dust masker dan memperhatikan pengoperasian mesinnya.





Setiap perusahaan memiliki regulasi yang berbeda, pastikan anda mengetahui dan menaati sesuai regulasi di perusahaan anda.


Jika anda membutuhkan safety video, safety sign, safety poster, safety handbook, safety stiker, label LB3, stiker label B3, tag loto dan media kampanye HSE lainnya, silahkan email ke info@andromeda.id. atau bisa menghubungi di 0895708137373


tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang






0 views0 comments