Induksi Di Terminal Khusus Batubara





tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang


Site Terminal Khusus Batubara , adalah tempat proses batubara dan loading yang terletak di pinggir sungai. Di sini batubara dari tambang di proses sedemikian rupa dan setelah itu diloading di barge atau tongkang.


Proses di mulai dari dumping batu bara dari vessel trailer ke hopper, di tempat ini batu bara akan dihancurkan dengan Primary Crusher hingga batubara mengalami proses penggilingan dengan berukuran 150 sampai dengan 200 mili meter, secondary crusher berukuran = 0-75 mm, dan tertiary crusher ukuran 0-50 mm. Final produk batubara yang dipersyaratkan oleh customer adalah ukuran 0-50 mm.


Batu bara yang sudah dihancurkan akan diteruskan dengan belt conveyor menuju pin divergator untuk di saring. Jika ukuran batu bara telah sesuai maka batu bara akan masuk ke transfer chute, ukuran batubara yang masih besar akan di giling kembali di secondary crusher untuk menghasilkan batubara 20 mili meter atau lebih kecil. Batubara akhirnya akan di semprot sprinkle water yang berfungsi untuk mengurangi debu batubara.


Batubara kemudian di arahkan dengan flop gate yang akan mengarahkan batubara ke conveyor stock pile atau ke conveyor direct loading.

Kemudian batubara melewati conveyor yang memiliki 53 conveyor yang terbagi menjadi 2 yaitu in loading (30 buah ) dan outloading ( 23 buah ), conveyor yang digunakan terbagi menjadi 3 tipe yaitu 1000 mm, 1200 mm dan 1400mm.


Stockpile merupakan tempat penimbunan batubara yang sudah melalui proses diatas. Stockpile Terminal Khusus Batubara memiliki 2 tempat yaitu Terminal Khusus Batubara 1 terdiri dari 3 produk (E4900, E4000, dan BC. dan stockpile Terminal Khusus Batubara 3 terdiri dari 3 produk (E4700, E4900, dan E5000).


Batubara di stocpile akan di transfer menggunakan buldozer ke conveyor yang akan diteruskan loading ke barge.

Jetty Terminal Khusus Batubara memiliki 2 pelabuhan yaitu tempat dimana barge atau tongkang bersandar untuk memuat batubara.


Barge adalah tempat batubara yang sudah di proses di loading ke dalam tongkang. Dengan kapasitas barge 8000-12.000 ton sekali angkut. Tug boat adalah alat transportasi air yang di gunakan untuk membantu operasional barge.


APD Bekerja di Terminal Khusus Batubara

Selama berada di area kerja , tamu wajib menggunakan APD Standar meliputi Helm, Sepatu Safety, dan rompi reflektor, dan tamu juga wajib menggunakan APD tambahan berupa kacamata saat memasuki wilayah workshop.

Untuk area Terminal Khusus Batubara tamu wajib menggunakan kacamata dan respirator/masker.


Selama anda berada di Site Terminal Khusus Batubara, anda diwajibkan menggunakan APD standar sebagai berikut :

  • Helm.

  • Kacamata.

  • Baju reflektor / rompi reflektor.

  • Dust masker.

  • Sepatu safety.

  • Earplug untuk daerah yang bising.

  • Dan APD tambahan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa panduan jika anda berkerja di area site Terminal Khusus Batubara :


Plant Operation

Ketika anda bekerja di Plant Operation, anda harus memperhatikan hal -hal berikut :

  1. Menjaga anggota tubuh dari putaran belt conveyor dan roller saat berada di operasional plant.

  2. Tidak menyeberangi ban berjalan (belt conveyor) yang sedang bergerak, kecuali pada tempat yang telah ditentukan.

  3. Tidak berada dekat dengan alat yang beroperasi kecuali karena tugas.

  4. Tidak berdiri atau naik turun di samping / dekat dan di atas dinding mulut hopper kecuali melakukan tugas pekerjaan dan memakai perlengkapan khusus.

  5. Tidak beristirahat di bawah unit peralatan atau fixed plant.

  6. Berhati-hati pada saat menaiki atau turun dari peralatan atau walk way di fixed plant.

  7. Aktifitas buldozer di stockpile harus memperhatikan stockpile dan posisi loading chute treaper.

  8. Kegiatan supervisi Metal Detector Testing, harus memastikan bahwa spesimen untuk pengujian metal detector tersedia di dekatnya, pengujian metal detector tidak sesuai dengan object yang diuji adalah electromagnet separator. Electromagnet dapat ditambahkan terkait dengan protection metal, menginformasikan ke pos crushing dan loading bahwa pengujian metal akan di lakukan. Lempar spesimen ke conveyor yang bermuatan. Setelah lampu peringatan bernyala , coveyor akan mati. Kenali jarak jatuh metal drop dengan spesimen. Lakukan prosedur pengisolasian conveyor, ambil spesimen dari belt coveyor. Kembalikan metal drop ke tempatnya dan di reset metal detector. Lepas gembok isolasi dan informasikan ke operator pos crushing dan loading bahwa pengujian metal telah selesai di lakukan, menghilangkan sumber energy di (Motor Control Center) MCC breaker.

  9. Ketika bekerja di tunnel pastikan anda menggunakan APD dan radio ht untuk komunikasi. Jaga jarak aman anda dengan conveyor.

  10. Jika bekerja di genset gunakanlah APD tambahan berupa earmuff atau earplug. Hanya orang yang berkopetensi yang mengoperasikan. Pastikan area kerja dan peralatan dalam kondisi aman selalu P2H, sebelum pengoperasian.

  11. Ditambahkan kegiatan safety talk dan pemeriksaan bugar selamat/ fatique test.


Keselamatan kerja pada area peralatan benda berputar

Pekerja atau tamu yang melakukan aktifitas di area yang terpapar peralatan berputar (seperti pada area hopper, crusher, conveyor, peralatan kerja di workshop) dilarang untuk:

  • Menggunakan rompi reflektor, untuk pakaian pekerja reflektor harus menyatu dengan pakaian kerja.

  • Membawa tas ransel dan tas slempang.

  • Memakai perhiasan (kalung).

  • Memakai tali gantungan untuk mine permit atau kartu identitas lainnya.

  • Membiarkan kancing lengan baju terbuka (untuk baju lengan panjang).

  • Bekerja dengan rambut panjang terurai melewati bahu.

  • Bagi pekerja wanita yang menggunakan hijab/kerudung harus dipastikan tidak ada penutup kepala yang dapat menyebabkan terkait pada alat berputar.


Dilarang Merokok di sembarang tempat

  • Tidak boleh merokok di sembarang tempat.

  • Terdapat beberapa smoking area di Terminal Khusus Batubara.




Setiap perusahaan memiliki regulasi yang berbeda, pastikan anda mengetahui dan menaati sesuai regulasi di perusahaan anda.


Jika anda membutuhkan safety video, safety sign, safety poster, safety handbook, safety stiker, label LB3, stiker label B3, tag loto dan media kampanye HSE lainnya, silahkan email ke info@andromeda.id. atau bisa menghubungi di 0895708137373


tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang








0 views0 comments