Bekerja di Dekat Lereng atau Tebing Tambang






tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang


Setiap pekerja yang akan melakukan pekerjaan pada area dekat dengan lereng atau tebing harus memastikan bahwa area sekitarnya dalam kondisi aman dari bahaya kelongsoran maupun bahaya rockfall atau kejatuhan material.


A) Apabila posisi area kerja diatas tebing atau dekat crest lereng :

  1. Lakukan pengecekan area sekitar kerja terhadap kondisi tidak stabil, kondisi tidak stabil dapat diidentifikasi dengan adanya retakan yang menerus.

  2. Lakukan pengecekan pada sisi tepi lereng atau tebing adanya bundwall. Apabila menemukan indikasi adanya retakan atau area kerja belum terdapat bundwall, hubungi pengawas operasional untuk pengamanan retakan atau pemasangan bundwall sebelum pekerjaan dimulai.


B) Apabila posisi area kerja di kaki tebing atau lereng :


Sebelum anggota team bekerja di area kaki tebing atau lereng, pengawas harus sudah memastikan :

  1. Pada sisi atas tebing atau crest lereng tidak terdapat kondisi tidak stabil.

  2. Pada dinding-dinding tebing atau lereng tidak ditemukan adanya material menggantung atau langsung.


C) Untuk pekerja atau anggota team yang akan bekerja di sekitar kaki tebing atau lereng


wajib mengkoordinasikan dengan pengawasnya mengenai kondisi pada sisi atas tebing atau crest lereng terhadap potensi bahaya kelongsoran ataupun bahaya rockfall atau kejatuhan material sebelum pekerjaan dimulai.

Apabila di area tebing atau lereng sudah teridentifikasi adanya kondisi tidak stabil atau retakan dan telah dilakukan tindakan pengamanan, maka pekerja yang tidak berkepentingan dilarang memasuki area pengamanan tersebut.


Pengamanan yang dilakukan berupa :

  1. Geotechnical line pada radius tidak aman.

  2. Bundwall di atas lereng atau atas tebing di luar retakan dan bundwall pada radius tidak aman di kaki tebing atau lereng.

  3. Rambu rawan longsor pada sisi atas maupun kaki tebing atau lereng.


  • Setiap pekerja yang menemukan adanya indikasi tidak stabil atau retakan diwajibkan melaporkan kepada pengawas operasional atau produksi maupun pengawas geotech.

  • Setiap akan memulai pengukuran dan pekerjaan di lereng, karyawan yang bertugas wajib melakukan penjelasan tata cara tahapan pekerjaan di area lereng yang aman.

  • Setelah selesai, maka persiapkan alat-alat kerja dan pelindung diri yang akan digunakan.

  • Selama pekerjaan berlangsung selalu dilakukan pengawasan sesuai dengan prosedur yang ada.

  • Selalu melakukan identifikasi bahaya di area kerja.

  • Selama melakukan pengukuran dan pekerjaan di lereng selalu melakukan komunikasi.

  • Jika menemukan potensi bahaya seperti longsor maupun potensi bahaya lain, segera STOP pekerjaan anda dan laporkan ke pengawas anda.


Dalam upaya menjaga kestabilan atau kemantapan lereng tambang, maka telah melakukan pemasangan instrument–instrument hydrogeology berupa Piezometer, Vibrating Wire Piezometer, Drainhole serta Dewartering well. Dan untuk memantau pergerakan lereng tambang, maka telah memasang alat pantau berupa RTS Robotic Total Station dan prismanya, SSR Slope Stabiliy Radar dan Inclino meter.


Karena pentingnya instrument-instrument tersebut, maka akan menjadi suatu kewajiban bagi setiap pekerja yang bekerja di sekitar instrument geoteknik untuk menjaga agar instrument-instrument tersebut tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik sesuai dengan standar yang berlaku.


Sehingga setiap akan melakukan aktifitas pada area yang terdapat instrument geotechnik, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah memastikan keberadaan instrument geotechniknya. Memastikan bahwa instrument geotechnik tidak rusak pada saat loading OB maupun batu bara.


Setiap perusahaan memiliki regulasi yang berbeda, pastikan anda mengetahui dan menaati sesuai regulasi di perusahaan anda.







Jika anda membutuhkan safety video, safety sign, safety poster, safety handbook, safety stiker, label LB3, stiker label B3, tag loto dan media kampanye HSE lainnya, silahkan email ke info@andromeda.id. atau bisa menghubungi di 0895708137373




tag LOTO, video safety induction, video k3, video safety induksi kantor, induksi karyawan, video induksi tamu, jasa video safety,induction video,jasa video hse,safety poster,bekerja di ketinggian,alat pelindung diri,APD, APAR, Helm safety, video she, pertamina,video safety tambang,video safety mining tambang

4 views0 comments