8 Prosedur pengoperasian Forklift yang benar

Updated: Nov 23



Tag LOTO video safety induction video k3 video safety induksi kantor induksi karyawan video induksi tamu jasa video safety alat pelindung diri APD APAR Helm safety video she pertamina video safety tambang video safety mining tambang induction video jasa video hse safety poster bekerja di ketinggian olahraga ergonomi kantor olahraga ringan keamanan menaiki lift safety elevator prosedur pengoperasian forklift



Sebelum melanjutkan pembahasan tentang prosedur pengoperasian forklift mari kita pahami dulu apa itu forklift. Sekedar mengingatkan kembali bahwa forklift menurut wikipedia adalah sebuah truk industri bertenaga yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material/bahan jarak pendek.


Sebetulnya, tidak semua orang paham bagaimana cara kerja forklift, hanya mereka yang terbiasa bekerja di bagian gudang atau pemindahan barang-barang bermuatan berat.


Bagi mereka yang berkecimpung di dunia logistik, mesin forklift tentu bukanlah sesuatu yang asing. Forklift atau lift truck sudah ada sejak lebih dari 100 tahun. Forklift dibuat pertama kali oleh Pennsylvania Railroad pada tahun 1906.


Prosedur pengoperasian forklift yang benar


Sebelum mengoperasikan forklift, Anda harus tahu dulu bagaimana cara untuk mengoperasikannya dengan benar.


Sebab, jika salah mengoperasikan akan berisiko terhadap keselamatan operator dan orang-orang yang ada di sekitar. Nah, ada beberapa hal yang wajib Anda tahu tentang cara mengoperasikan forklift yang benar.


1. Cek Kondisi Forklift

Sebelum mengoperasikan forklift, sebaiknya Anda lebih dulu mengecek kondisi alat tersebut. Operator wajib melakukan pemeriksaan seperti pada komponen rem, kemudi, tiang, dan ban. Jika ada komponen yang rusak atau kurang berfungsi dengan baik, maka Anda harus memperbaikinya untuk memastikan semuanya aman.


2. Gunakan Peralatan Pelindung Diri

Memakai perlengkapan pelindung diri adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang operator forklift. Umumnya peralatan pelindung yang digunakan seperti helm, sepatu, dan jaket hi-visibilitas.


Seluruh perlengkapan tersebut harus pas dengan ukuran tubuh operator sehingga tidak dirasa kelonggaran atau kekecilan yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja pada saat mengoperasikan forklift


3. Operator Harus Terlatih

Cara mengoperasikan forklift yang benar tidak terlepas dari kemampuan operator. Oleh karena itu, operator mesti terlatih dengan baik dan memiliki lisensi untuk mengoperasikan forklift.


4. Perhatikan Kondisi Sekitar

Sebelum menjalankan alat forklift, ada baiknya operator memperhatikan kondisi atau lingkungan di tempat bekerja. Yang pertama, operator wajib mengikuti pedoman yang ada.


Selain itu, perhatikan hal-hal lain seperti ketinggian aman dan beban lantai. Hal ini paling tidak mengurangi kesalahan akibat tingginya ban atau tiang saat memindahkan barang ke luar dan masuk gedung.


5. Kemudikan Dalam Posisi Nyaman

Saat mengoperasikan forklift, pastikan operator berada dalam posisi duduk yang benar dan nyaman di dalamnya. Hal ini akan membuat operator mampu menjangkau semua kontrol peralatan yang dibutuhkan.


Selanjutnya, pastikan operator juga menggunakan sabuk pengaman dan seluruh bagian tubuh berada dalam batas operator kabin.


6. Perhatikan Tiang Forklift

Cara mengoperasikan forklift yang benar berikutnya adalah selalu memperhatikan tiang forklift. Hindari siapapun untuk berdiri atau berjalan di bawah beban saat forklift mengangkat barang. Hal ini berisiko menyebabkan cedera atau kematian ketika beban terjatuh.


7. Gunakan Forklift dalam Kecepatan Aman

Forklift sebagai alat berat mesti digunakan dengan kecepatan tertentu. Sebaiknya, forklift dikendarai tidak melewati batas kecepatan. Meminimalkan risiko tipping dengan mengambil sudut secara perlahan. Jika ingin berhenti atau mengubah arah forklift lakukan secara bertahap.


8. Forklift Hanya Untuk Mengangkut Barang

Sebagai operator forklift, Anda mesti memahami bahwa forklift sedianya adalah kendaraan untuk mengangkut atau memindahkan barang. Maka dari itu, sebaiknya hindari membiarkan orang lain yang tidak berkepentingan naik ke dalam atau berada ditiang saat operator mengoperasikan forklift.


Semoga materi di atas bisa membantu anda dalam pengoperasian forklift, terima kasih dan semoga bermanfaat.


Berikut produk safety poster kami mengenai forklift



Untuk produk lainnya, silahkan kunjungi marketplace kami dengan mengklik ikon dobawah ini :


Tokopedia : Safety Poster K3 Indonesia

Shopee : Safety Poster K3

Lazada : Safety Poster K3






Jika anda membutuhkan safety video, safety sign, safety poster, safety handbook, safety stiker, label LB3, stiker label B3, tag loto dan media kampanye HSE lainnya, silahkan email ke info@andromedaindonesia.com . atau bisa menghubungi di 0895708137373




Tag LOTO video safety induction video k3 video safety induksi kantor induksi karyawan video induksi tamu jasa video safety alat pelindung diri APD APAR Helm safety video she pertamina video safety tambang video safety mining tambang induction video jasa video hse safety poster bekerja di ketinggian olahraga ergonomi kantor olahraga ringan keamanan menaiki lift safety elevator prosedur pengoperasian forklift






0 views0 comments

Recent Posts

See All